Search This Blog

e zone

Your Ad Here

Friday, July 10, 2009

Tips sebelum mengganti template blogger

Beberapa hari belakangan ini blog ini sudah beberapa kali berganti template, berawal dari rasa bosan terhadap template blogger saya yang lama. Sebenarnya alasan utama bukan itu, melainkan template blogger yang lama tidak bisa ditampilkan secara sempurna di internet explorer, bagian sidebar bloggernya nggak pas dan sangat tidak enak dipandang mata. template anda gimana, sudah anda periksa?

Sebelumnya tidak pernah saya perhatikan dan ternyata hal ini sangat mempengaruhi traffic blog ini. Nggak kebayangkan klu orang yang datang keblog ini melalui browser internet explorer, pasti melihat blog ini berantakan dan sialnya image blog ini pasti akan jelek dimata pengunjung tersebut. Nah, klu begini kemungkinan dia akan berkunjung lagi akan sangat kecil. Benar nggak?

Itulah beberapa kesalahan yang selama ini tidak pernah saya sadari dan ternyata itu sangat fatal. Untuk itu saya ingin menyampaikan buat teman2 yang mau mengganti template bloggernya sebaiknya jangan lupa untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Backup Template Blogger
Untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan dan memungkinkan untuk kembali lagi ketemplate blogger lama kita. Maka langkah ini wajib hukumnya buat anda yang ingin mengganti template blogger, cara membackup template blogger lihat disini.

2. Sediakan template Blogger
Caranya bisa anda desain template blogger sendiri dan tentu saja membutuhkan skill khusus pemrograman atau anda bisa memakai template blogger gratisan, lalu download dan upload
keblog anda. Untuk mencari template blogger gratis anda bisa melihatnya di www.bloggertricks.com, www.ourblogtemplates.com, etc. Buat anda yang suka gratisan bisa juga mencari melalui mesin pencari google dengan kata kunci "free template blogger","download free template blogspot","template blogger gratis", dll.

3. Test Blog

Sebelum mengganti template blogger, ada baiknya coba dulu diblog yang lain misalnya anda buat sebuah blog baru di blogger.com sebagai tempat latihan atau testing (blog yg sengaja dibuat untuk ngetest template tersebut atau bisa juga untuk ngetest trik blog yg baru anda ketahui). Tujuannya agar pengunjung blog anda tidak merasa terganggu dengan proses maintenance blog yang anda lakukan.

4. Test di Beberapa Browser
Khususnya template blogger gratisan tidak di desain untuk banyak browser, jadi tidak jarang template blogger yang kita gunakan tidak bisa ditampilkan secara sempurna dibrowser Internet explorer misalnya atau mungkin dibrowser internet lainnya. Tapi, bukan berarti nggak ada yang bagus lhoo... ada juga template gratisan tapi kualitasnya bagus dan support untuk banyak browser. Jadi, setelah proses mengganti template blog selesai coba lihat di hasilnya dengan browser mozilla, trus lihat juga dengan internet explorer, opera, dll.

5. Grafik Besar & Terlalu Banyak
Beberapa hari yang lalu blog ini menggunakan template techlure dari www.bloggertricks.com, template ini cukup menawan, sejuk dipandang, pokoknya menurut saya okey-lah. Tapi setelah 2 hari berikutnya template blog (terchlure) ini kelihatan sangat berantakan seperti habis dijatuhi bom atom (hiperbola). Mungkin diantara teman2 blogger juga pernah melihatnya.

Ternyata template blog ini (techlure) disusun dengan banyak grafik, mulai dari background sampai icon2. Dan pada saat terlalu banyak yang menggunakan template ini, server tempat image/gambar (http://photobucket.com) disimpan overload sehingga image background/grafik tidak bisa ditampilkan dan jadi berantakan sekali. Kerugian lainnya loading page blog jadi lambat dan bisa berakibat rekan2 pembaca jadi kabur.

6. Simpan Gambar/Grafik/Image Template
Khusus untuk template blog yang menggunakan Gambar/image, sebaiknya anda simpan dihosting sendiri (yg gratisan juga bisa seperti: http://photobucket.com), agar kejadian yang saya alami tidak terjadi juga kepada blog anda. Tapi jangan lupa minta izin dulu sama yang empunya templatenya biar anda nggak dianggap mencuri.

Okey, semoga tips diatas bisa membantu anda yang ingin mengganti template blogger. Mmmm....saya yakin tips ini masih belum memadai, jadi saya tunggu ya saran2 dari teman2 blogger untuk melengkapinya. Ntar klu tipsnya keren abis, saya kasi link gratis keblognya (he... he... he...).

Selamat mengganti template, semoga sukses.

No comments: